Kamis, 30 Mei 2013

laporan perjalanan

BALI ISTIMEWA
Oleh Putri Anggraeni

Pertama kali ke Bali, Something Special. Haha Gimana enggak ? Siapa sih yang ngggak tau PULAU BALI, pulau yang terkenal sampai mancanegara akan tempat wisata nya yang beken banget.
Okeee, di akhir bulan Maret kemarin saya bersama rombongan ibu-ibu PKK ke Bali. Awal mau berangkat itu ribet banget, karena cuaca di Batu waktu itu nggak baik. Akhir nya sama Bu Lurah pemberangkatan di tunda 2 jam~WOOWW . yaahh lama juga sih tapi mau gimana emang cuaca nya nggak mendukung. Setelah hujan berhenti kirra-kira jam setengah 5 an lah orang-orang pada heboh sendiri masukin barang-barang nya ke dalam bis. Bis baru berjalan jam 5 sore. Gilaaa molor berapa jam itu seharusnya berangkatnya itu jam 2 siang. Wkwkwk :D
Kalau dari Batu jalannya nggak usah lewat malang, langsung belok kiri namanya BENDO , itu nanti langsung sampai singosari. Di dalam bis waow ramainya kayak di pasar !!! ada yang lempar-lempar jajan , bantal , dan yang di omongin itu ada ajah hahaha. Sekitar jam 9 malam suasana nya di bis sepi banget. Dan jam 9 itu masih di jalan, masih jauh banget ke pelabuhan di Banyuwangi.
Setelah sampai pelabuhan itu jam setengah 1 malem, itu pun nunggu lama banget sampai 4 jam (bosen sih!!). Setelah jam 5 pagi WIB berangkat deh ke pulau Bali nya. Banyak loh orang Jawa yang mau rekreasi. Ini foto saya yang di kapal (cuaca nya masih gelap).
        Setelah sampai di pulau Bali yaaa kira kira jam 6 pagi WIB, kalo di Bali jam 7 WITA. Di pelabuhan itu ramai banget trus banyak anak kecil keci yang renang di pinggiran, tujuannya minta uang pada penumpang. Kemudian rombongan masuk ke bis dan melanjutkan perjalanan, jauh bangettt...
        Setelah sampai di sebuah desa, yah lumayan terpencil juga sih. Tapi bagus kok pemandangannya bagus banget malahan. Rombongan datang ke tempat rekreasi namanya “TIRTA GANGGA”. Dari tampak depan tempatnya kecil tapi setelah masuk luas banget. Kolam ikan nya bagus banget.  Di batu nggak ada tempat kayak gitu. Lumayan rame juga sih di tempat itu apalagi bule-bule nya, terus ada salah satu rombongan aku yang beli pecel. Aku kira rasanya seperti pecel di Jawa, tapi enggak beda jauh sama di Bali. Kalau di Bali nggakk ada pedesnya sama sekali. Ini foto yang sempat aku ambil di “TIRTA GANGGA”.
        Lanjut perjalanan, ke GOA LAWA itu tempat sembahyang nya orang hindu. Awal nya sih orang islam mau niat sholat di situ juga tetapi banyak anjing nya, jadi kan najis. Aku penasaran sama yang ada dii dalam, aku masuk kemudian sama petugas di situ di beri sewek katanya biar suci. Setelah di dalam suasananya sepi banget, ada orang sembahyang juga umat hindu. Terus di depan orang sembahyang itu banyak banget lawa-lawa nya.
        Lanjut lagi perjalanan ke taman besar banget (lupa namanya) bagus banget pokok nya. Kira-kira luasnya 5 hektar haha, nggak kalah menarik sama tirta gangga. Lebih banyak juga pengunjungnya dan ada perahu yang di sewakan juga. Pingin banget aku foto priwed di sana hahaha. Pasti orang batu seneng deh di  ajak foto foto di situ.
        Kemudian setelah itu langsung menuju ke hotel , aku kira hotell nya bagus, bersih, tapiiii mengecewakan. Hotel nya kayak nggak pernah di bersihin, terus aku adik ku ibuk ku dan tetanggaku sama anaknya dapat kamar di pojokan. Serem sih aslinya tapi mau gimana ? sebelum mandi ibuk ku yang mbersihin kamar mandinya, angker banget kamar mandinya itu. Habis mandi turun ke bawah untuk makan malam, ya tetep nggak ada rasanya pedes. Padahal aku seneng banget sama yang namanya pedes. Habis makan ke atas terus tidur, tapi aku nggak bisa tidur sama sekali udaranya panas banget. Tapi lama-kelamaan tidur juga sih haha
        Udah pagi, jam 5 WIB kalo di Bali jam 6. Itu mandi dulu sebelum nglanjutin perjalanan. Mau mandi itu ribet banget, airnya nggak ada kran nya mati cari kamar mandi susah banget, terus ketemu kamar mandinya di kamar bawah, itu pun airnya tinggal dikit. Udah selesai mandi, semua rombongan ke bis untuk bersenang-senang lagi. Jurusan pertama ke pantai nusa dua, rame banget di sana banyak turis juga.  Rombongan datang langsung di layani sama karyawan di sana. Kita di tanya berminat apa enggak bermain permainan baru di sana, aku pilih permainan banana boots. Gilaaa bener satu orang bayar 75.000. Yang paling mahal permainan paling terbaru yaitu donat boots satu orang 125.000 . seruu banget pokoknya !!!!
        Setelah ke nusa dua keliling di kota Denpasar ke banyak tempat yang rombongan kunjungi, terus mampir dulu ke krisna. Krisna itu salah satu tempat oleh-oleh khas Bali mulai dari baju , accesoris , sandal , peralatan rumah tangga dan lain lain. Aku bingung mau beli apa soalnya banyak banget yang aku ingin hahaha
        Mulai dari kresna , trus joger , keliling banyak pantai trus ke sukowati. Sukowati itu seperti pasar tapi dan harga nya mudah di tawar. Banyak banget belannja disana #mumpung harganya murah
        Kemudian hari terakhir di Bali, waktu keluar dari hotel terus berkemas kemudian menuju pantai sanur untuk melihat terbitnya matahari. Bagus banget sih pemandangan nya, jelas banget dari sanur. Dari sanur langsung menuju ke pentas seni , cerita nya bagus bangett.. bali banget pokok nya J Dan ini foto yang aku dapat dari pentas seni itu